Skip to main content

Contoh soal mengubah fasor menjadi sinusoid

kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara mengubah fasor menjadi sinusoid lewat contoh soal. Fasor memiliki 3 bentuk yaitu polar, rectangular, juga eksponensial. Jadi dalam artikel kali ini saya akan memberikan 3 contoh soal. Baik tanpa panjang lebar saya akan langsung menjelaskannya.

1. Diketahui ada suatu tegangan bolak-balik yang dinyatakan dalam fasor seperti pada Pers. 1, ubah fasor tersebut menjadi sinusoid? 


Jawab:
Pers. 1 merupakan fasor dalam bentuk polar, bentuk polar memiliki sebuah magnitud (yang berlinai 40) dan sebuah fasa (yang bernilai 30) Untuk mengubah fasor bentuk polar menjadi sinusoid anda dapat langsung mengubahnya menjadi Pers. 2.


jika anda lihat Pers. 2, sinusoidnya memiliki fungsi kosinus berkonstanta positif, hal ini karena acuan yang saya gunakan menggunakan kesepakatan seperti itu. Ini berarti anda juga bisa menggunakan fungsi sinus ketika ingin merubah fasor menjadi sinusoid, tetapi syaratnya pada sebelum fasor dirubah menjadi sinusoid pastikan bahwa fasor yang ingin dirubah harus didapatkan dari sinusoid yang memiliki fungsi sinus.
Sekarang kita akan lanjut pada soal no 2.
2. suatu arus bolak-balik diketahui memiliki fasor pada Pers. 3, ubah fasornya menjadi sinusoid?


Jawab:
Pers. 3 merupakan fasor dalam bentuk rektangular, untuk mengubah menjadi sinusoid fasor tersebut perlu dirubah menjadi fasor dalam bentuk polar. Adapun caranya yaitu pertama-tama kita harus mencari magnitud (r) dengan cara seperti ini ditunjukan pada Pers. 4, sedangkan pada untuk mencari fasa kita bisa lihat caranya seperti ditunjukkan dalam Pers. 5. sehingga bentuk polarnya menjadi seperti pada Pers. 6.


Dengan cara yang sama seperti pada soal nomor 1, fasor bentuk polar pada Pers. 6 ketika dirubah menjadi sinusoid hasilnya menjadi seperti ditunjukkan dalam Pers. 7.


sekarang kita akan beralih ke contoh soal terakhir, mari kita simak soalnya.
3. Suatu tegangan bolak-balik diketahui memiliki bentuk fasor seperti ditunjukaan pada Pers. 8, ubah fasor tersebut menjadi sinusoid?


Jawab:
Pers. 8 merupakan fasor dalam bentuk eksponensial, untuk merubahnya menjadi sinusoid maka kita harus mengubah menjadi fasor berbentuk polar. Cara merubahnya menjadi polar tergolong cukup mudah yaitu bisa langsung merubah menjadi polar adalah seperti pada Pers. 9


dimana "j yang disamping angka 5" pada Pers. 8 bernilai seperti pada Pers. 10.


setelah fasor polar telah diketahui nilainya maka kita sekarang tinggal merubah menjadi sinusoid dengan cara yang sama seperti pada soal nomor 1. adapun hasilnya adalah seperti ditunjukkan dalam Pers. 11.


Demikian adalah 3 contoh soal merubah fasor menjadi sinusoid, semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

Comments

Post a Comment