Skip to main content

Contoh soal menghitung impedensi pada induktor lewat nilai yang ada pada komponen

artikel kali ini akan menjelaskan menghitung impedensi pada induktor tanpa mengetahui arus dan tegangan, jadi kita akan menghitung impedensi lewat nilai yang ada pada masing-masing komponen tersebut. Baik tanpa lama lagi saya akan menjelaskan 3 soal

1) diketahui ada sebuah induktor bernilai 0,2 H, temukan impedensi pada induktor tersebut ketika dihubungkan pada listrik ac yang memiliki frekuensi 60 Hz?
Jawab:
Sebelum menjawab soal, saya perlu mengingatkan lagi bahwa impedensi merupakan nilai hambatan pada listrik ac yang besar hambatannya tergantung pada frekuensi. Untuk mengetahui besarnya impedansi pada induktor rumusnya adalah seperti pada Pers. 1.


Sekarang kita akan mensubtitusikan nilainya kedalam Pers. 1 sehingga hasilnya menjadi seperti pada Pers. 2.


Perlu dingat bahwa hasil Pers. 2 adalah fasor yang berbentuk rektangular (biasa disebut bilangan komplek). Fasor pada Pers. 2 bisa ditulis ulang nilanya menjadi seperti pada Pers. 3 .


sekarang kita akan melanjut pada soal nomor 2,
2) diketahui ada sebuah induktor bernilai 0,2 H, hitung impendansinya ketika dihubungkan dengan listrik 10 Hz?
Jawab:
Kita sudah tahu rumus untuk mengetahui impedansi pada induktor yaitu seperti pada Pers. 1, sekarang kita akan mensubtitusikan nilai yang tertera pada soal nomor 2, sehingga hasilnya adalah seperti pada Pers. 4, kemudian Pers. 4 bisa ditulis ulang seperti pada Pers. 5.


jika dibandingkan hasil soal pada nomor 2 nilai impedensinya lebih kecil dari pada nilai impedensi pada hasil soal nomor 1, itu berarti bahwa semakin kecil frekuensi listrik ac maka impedansinya akan semakin kecil.
Sekarang kita akan lanjut pada soal yang terakhir, mari kita simak,
3) diketahui sebuah induktor bernilai 0,05 H, hitung impedansinya ketika dibungkan dengan listrik 60 Hz?
Jawab:
Seperti cara pada soal nomor 1 dan 2 maka hasil impedensi dari soal nomor 3 adalah seperti dijelaskan pada Pers. 6. lalu kita bisa tulis ulang Pers. 6 menjadi seperti pada Pers. 7



jika dibandingkan dengan soal 1, hasil impedansi pada soal nomor 3 memiliki nilai yang lebih kecil padahal frekuensinya sama, ini berarti semakin kecil induktansi maka semakin kecil impedensinya.
Mudah bukan, semoga ilmu ini menjadi ilmu yang berguna untuk kita semua, terima kasih telah berkunjung.

Comments